KEGIATAN PELATIHAN SERTIFIKASI KOMPETENSI KOPERASI TAHUN 2018

Permasalahan intern yang masih dihadapi oleh koperasi pada saat ini adalah masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan didalam manajerial perkoperasian, sehingga koperasi kurang berkembang.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan koperasi antara lain :
1. Partisipasi Anggota
2. Profesionalisme Pengurus
3. Peran Pemerintah

Terkait dengan hal tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kualitas SDM pengurus, manajer, pengola KSP/USP koperasi, pemda kota jambi melalui dinas tenaga kerja, koperasi dan UKM kota jambi melaksanakan kegiatan pelatihan sertifikasi kompetensi bagi pengelola KSP/USP koperasi.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran pengurus, manajer, pengelola KSP/USP koperasi sebagai perwujudan peraturan menteri koperasi dan usaha kecil menengah republik indonesia no. 15 tahun 2015 pasal 13 ayat 5 bahwa "pengelola simpan pinjam koperasi wajib memiliki sertifikat standar kompetensi pengelola usaha simpan pinjam yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi profesi yang memiliki lisensi sesuai peraturan perundang-undangan.

Waktu pelaksanaan selama 5 (lima) hari dari tanggal 23 Oktober s/d 27 Oktober 2018. Narasumber berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan Jakarta selaku accesor dan fasilitator dari lembaga diklat profesi koperasi jasa keuangan (LDP KJK) jambi Competency Center dan peserta sebanyak 24 orang yang terdiri dari pengurus, pengelola KSP/USP koperasi di kota jambi.